Mengapa Salju Tidak Turun di Indonesia

Fakta Mengapa Salju Tidak Turun di Indonesia

apakahmengapa.blogspot.com | Mengapa Salju Tidak Turun di Indonesia - Membayangkan bisa bermain salju, lepar lemparan bola salju bahkan membuat boneka salju adalah banyak keinginan kita. Andaikan di Indonesia bisa turun salju.... Pastinya seru, kita bisa mencoba berbagai aktivitas maupun bermain seperti tersebut diatas? Eh kita juga punya kok salju malahan salju tersebut adalah salju abadi biarpun sekarang mulai berkurang, tepatnya di puncak Pegunungan Jayawijaya di Provinsi Papua. Ngomong ngomong masalah salju, pasti akhirnya berpikiran mengapa salju tidak turun di Indonesia seperti di belahan bumi bagian Eropa. Untuk itulah pada kesempatan ini Fakta Seru Seputar Kita akan sedikit berbagi pengetahuan akan hal tersebut. Ternyata semua ini ada alasan mengapa salju tidak sampai ke Indonesia, hal ini terkait dengan yang namanya garis khatulistiwa atau biasa juga disebut juga garis ekuator (masih ingat akan pelajaran IPS di SD). Negara kita Indonesia terletak pada garis khatulistiwa dimana secara astronomis kita ini berada di antara 6 derajat Lintang Utara - 11 derajat Lintang Selatan dan 95 derajat Bujur Timur - 141 Bujur Barat, karena letak secara astronomis inilah maka Indonesia mempunyai iklim tropis. Sedikit mengingatkan akan pelajaran waktu kita duduk di sekolah dasar pastinya, dibawah ini untuk lebih jelasnya lagi.

Mengapa Salju Tidak Turun di Indonesia

Mengapa Salju Tidak Turun di Indonesia
Mengapa Salju Tidak Turun di Indonesia
Oke dah kita lanjutkan, berdasar dari letak lintang diatas maka posisi wilayah Indonesia berada di antara dua samudera yakni samudera Pasifik dan Samudera Hindia maupun dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia. Kesemuanya itu (antara dua benua dan dua samudera) mempunyai iklim yang berbeda satu antar lainnya sehingga berakibat secara rutin mempengaruhi keadaan cuaca dan iklim di Indonesia yang tepat berada di garis khatulistiwa. Selain itu perpaduan mesra letak astronomis dengan letak geografis tanah air tercinta ini juga menimbulkan kondisi yakni; matahari bersinar terus menerus sepanjang tahun (berbeda dengan belahan bumi lainnya), curah hujan yang relatif tinggi, kita mempunyai hutan hujan tropis yang lebat (seperti di Kalimantan), dan juga Indonesia memiliki dua musim yakni musin hujan dan musim kemarau sebagai akibat pergerakan angin muson. Lebih lanjutnya, di Indonesia dengan dua musim tersebut juga dipengaruhi oleh adanya gerak semu matahari sebagai akibat pengaruh rotasi bumi dalam melakukan revolusi (pergerakan mengelilingi matahari). Dari kesemua diatas bisa dipastikan bahwa salju tidak turun di Indonesia.

Nah terjawab sudah bukan alasan dibalik salju yang tidak pernah turun di negara kita tercinta Indonesia ini bukan? Simak juga Fakta Seru Permen Karet dan jangan lupa untuk menekan LIKE jika "Mengapa Salju Tidak Turun di Indonesia" menarik bagi kita semua.
Advertisement
Previous
Next Post »
Thanks for your comment