Apakah Keistimewaan Gerhana Matahari Total 2016

Fakta Seru Apakah Keistimewaan Gerhana Matahari Total 2016

Apakah Keistimewaan Gerhana Matahari Total 2016 | apakahmengapa.blogspot.com - Sebagaimana yang kita ketahui bahwa tanggal 9 Maret 2016 ini kita Indonesia akan dilewati Gerhana Matahari Total atau yang lebih keren disingkat dengan GMT. Ada sebagian yang menganggap hal ini adalah hal yang biasa sebagai fenomena alam, namun ternyata ada fakta seru seputar Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 ini. Simak saja ulasan Fakta Seru Seputar kita dalam Apakah Keistimewaan Gerhana Matahari Total 2016 sebagaimana berikut

Apakah Keistimewaan Gerhana Matahari Total 2016

Apakah Keistimewaan Gerhana Matahari Total 2016

GMT 2016 adalah peristiwa langka dan bagi Indonesia akan terasa spesial karena negara Indonesia dilewati Gerhana Matahari Total pada tanggal 11 Juni 1983, dari sini bisa kita ketahui bahwa kita membutuhkan waktu 33 tahun untuk bisa melihat fenomena Gerhana Matahari Total ataupun secara umumnya Indonesia bisa dilewati GMT 2016.

Ternyata bukan hanya itu saja, pada Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 ini akan melewati berbagai daerah di Indonesia, adapun rutenya adalah Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah dan berakhir di Maluku Utara. Pada kesempatan GMT 2016 ini Indonesia termasuk negara yang paling beruntung karena Indonesia memiliki rute paling panjang, Gerhana Matahari Total 2016 ini hanya bisa dilihat di Indonesia. Mengapa hal ini terjadi? Ya benar karena GMT 9 Maret 2016 hanya melewati negara Indonesia, Samudra Hindia dan juga Samudra Pasifik.

Keistimewaan GMT 2016 Maret


Yang paling seru dari fenomena GMT 2016 adalah Baily's Beads, ini sebagai salah satu Apakah Keistimewaan Gerhana Matahari Total 2016. Baily's Beads akan muncul 10-15 detik sebelum dan sesudah GMT 2016. Sewaktu matahari tertutup oleh bulan, sinar matahari masih bisa menembus karena permukaan bulan yang tidak rata dan bergelombang. Nah saat itulah matahari akan terlihat seperti manik manik di tepian bulan yang bundar, pasti keren untuk bisa melihatnya. Itulah fakta seru seputar kita mengenai "Apakah Keistimewaan Gerhana Matahari Total 2016" dan jangan lupa untuk menyimak postingan kami lainnya seputar Mengapa Hari Minggu Libur dan selalu berbagi.
Advertisement
Previous
Next Post »
Thanks for your comment