Ragam Legenda Saat Gerhana Datang

Apakah Ragam Legenda Saat Gerhana Datang

Ragam Legenda Saat Gerhana Datang | apakahmengapa.blogspot.com - Legenda atau cerita rakyat memang selalu ada di negara kita, baik dari berbagai daerah maupun suku bangsa. Tentu saja legenda ini bermacam macam dan sering dijadikan cerita sewaktu kita masih kecil. Terkait dengan fenomena Gerhana Matahari Total 2016 apakah Ragam Legenda Saat Gerhana Datang yang sering kita dengar? Apakah kita masih ingat atau malah tidak tahu cerita rakyat disekitar datangnya GMT. Dalam kesempatan kali ini Fakta Seru Seputar Kita akan berbagi info unik seputar Ragam Legenda Saat Gerhana Datang yang wajib kita ketahui.

Membuang Makanan
Di suatu daerah terdapat legenda di saat terjadi gerhana Matahari Total, disini berkembang kepercayaan bahwa dengan adanya GMT dipercaya sebagai munculnya pertanda buruk. Saat itulah para Dewa sedang marah dengan menebarkan segala racun kejahatan, nah untuk itulah beredar kepercayaan legenda saat gerhana matahari total datang maka banyak orang akan membersihkan rumah mereka dan juga membuang semua makanan yang ada di dalam rumah. Karena jika makanan todak dibuang, maka orang yang menyantap makanan tersebut akan menjadi jahat.

Ragam Legenda Saat Gerhana Datang


Anak Diangkat Kepalanya
Ragam Legenda Saat Gerhana Datang juga datang dari suatu daerah yang mana di saat gerhana, penduduk akan mengajak anaknya yang masih kecil keluar rumah. Di halaman rumah mereka akan memegang kepala si anak dan diangkat tinggi tinggi agar anak tersebut cepat tinggi. Mengapa hal ini dilakukan disaat terjadi gerhana? Jawabnya adalah, di saat gerhana kondisi matahari atau bulan sedang sakit jadi mereka tidak akan tahu apa yang sedang terjadi, dan kalaupun mengangkat kepala anak pada saat tidak terjadi gerhana maka bulan atau matahari akan marah dan kepala si anak tersebut bisa dimakan.

Bergelantungan Di Pintu
Legenda yang masih terkait dengan gerhana, agar anak lebih cepat tinggi biasanya mereka menyuruh si anak tersebut untuk bergelantungan pada kusen pintu. Hampir sama alasannya dengan yang diatas, di saat gerhana inilah bulan atau matahari sedang sakit jadi mereka tidak tahu bahwa pintu yang biasa mereka lalui untuk mengantarkan cahaya ke dalam rumah dipakai oleh anak (bergelantungan di kusen pintu).

Pohon yang Dipukul Pukul
Apakah di daerah kamu menemukan legenda ini? Saat gerhana datang maka banyak petani yang keluar rumah sembari memukul pohon pohon yang ada. Hal ini alasannya adalah untuk membangunkan pepohonan tersebut agar tidak mati karena gerhana dan juga agar pohon tersebut lebih cepat berbuah.

Kelapa Kopyor
Hampir sama dengan Ragam Legenda Saat Gerhana Datang diatas, di suatu daerah banyak orang yang keluar rumah dan memukul kepala. Hal ini dipercayai sebagai salah satu cara untuk mengusir anak anak raksasa yang masih belum mampu meraih bulan atau matahari untuk tidak memakan buah kelapa. Dengan begitu maka anak raksasa ini akan segera pergi dan tidak menghabiskan isi buah kelapa.

Menciptakan Bunyi Bunyian
Seperti di daerah Jawa yang percaya dengan menciptakan bunyi bunyian baik yang berasal dari kentongan, kaleng, beduk, peralatan dapur ataupun penumbuk padi di saat terjadi gerhana akan menakut-nakuti raksasa yang sedang menelan matahari atau bulan. Dengan bunyi bunyian ini raksasa tersebut akan segera melepaskannya.

Fakta Legenda Saat Gerhana Datang


Wanita Hamil Bersembunyi
Disuatu daerah terdapat legenda sewaktu terjadi gerhana maka wanita hamil akan bersembunyi di kolong meja atau tempat tidur. Ditakutkan bahwa raksasa yang sedang menelan bulan atau matahari tertarik pada kandungan si ibu tersebut yang bentuknya menyerupai bulan.

Pita Merah
Terkait juga dengan wanita hamil, di suatu daerah disaat gerhana datang maka wanita hamil akan mengenakan pita merah ataupun apapun hal yang serba merah. Dipercaya bahwa saat gerhana datang bisa meninggalkan tanda lahir pada bayi di kandungan mereka.

Membunyikan Petasan
Ada juga yang membunyikan petasan di saat gerhana, mereka menembakkan petasan ke udara untuk mengusir raksasa yang tengah menelan bulan atau matahari. Malah pada jaman dulu bukan hanya sekedar yang dibunyikan tetapi meriam juga ditembakkan ke udara.

Menutup Sumur
Ada juga disaat gerhana datang penduduk menutup sumur mereka masing masing, mereka percaya bahwa dengan menutup sumur air maka sumur mereka terhindar dari racun racun yang disebarkan oleh dewa disaat gerhana (marah).

Itulah "Ragam Legenda Saat Gerhana Datang" yang bisa kita nikmati melalui postingan kali ini, simak juga fakta seru lainnya mengenai Apakah Keistimewaan Gerhana Matahari Total 2016
Advertisement
Previous
Next Post »
Thanks for your comment