Jadwal Peristiwa di Langit 2016

Inilah Jadwal Peristiwa di Langit 2016 Sayang Untuk Dilewatkan

Jadwal Peristiwa di Langit 2016 | apakahmengapa.blogspot.com - Setelah terjadi fenomena alam yakni Gerhana Matahari Total pada tanggal 9 Maret 2016 kemarin ternyata masih ada lagi fenomena di langit yang patut kita nikmati. Dalam kesempatan kali ini Fakta Seru Sekitar Kita akan berbagi info Jadwal Peristiwa di Langit 2016 yang sayang untuk kita lewatkan, makin penasaran bukan?

Jadwal Peristiwa di Langit 2016 Sayang Untuk Dilewatkan


Gerhana Bulan Panumbra
Kita awali dengan gerhana bulan panumbra yang diperkirakan akan terjadi pada tanggal 23 Maret 2016, pastinya kita sudah tahu akan asal muasal terjadinya gerhana bulan bukan? Ya..disaat bumi berada dalam satu garis lurus diantara bulan dan juga matahari, dari sinilah sinar matahari yang seharusnya dipantulkan oleh bulan akan terhalangi oleh bumi. Nah terkait dengan gerhana bulan panumbra, ini terjadi ketika seluruh bagian bulan berada di bagian panumbra. Panumbra bisa diartikan sebagai bayangan kabur yang akan muncul disaat gerhana, jadi bulan akan masih terlihat namun warnanya akan suram.

Transit Langka Merkurius Melintasi Matahari
Yang dimaksud disini adalah sewaktu planet Merkurius akan lewat di depan permukaan Matahari, dikatakan bahwa ini akan terjadi saat Matahari terbenam di Indonesia. Peristiwa ini dikatakan sangat langka karena akan menjadi satu satunya transit Merkurius selama 10 tahun. Sayangnya fenomena di langit ini hanya bisa kita saksikan melalui teleskop yang sudah diberi dengan filter Matahari, transit langka Merkurius ini akan terjadi pada tanggal 9 Mei 2016 nanti.

Wahana Juno Tiba di Planet Jupiter
Kejadian ini akan terjadi pada tanggal 4 Juli 2016 dimana wahana Juno adalah pesawat antariksa milik NASA yang telah berangkat dari Bumi pada tanggal 5 Agustus 2011 yang lalu...wow. Dikatakan bahwa wahana Juno ini akan sampai di orbit Jupiter pada tanggal 4 Juli 2016, Juno sendiri membawa misi untuk meneliti atmosfer dan juga medan magnet planet raksasa Jupiter. Dikatakan juga bahwa wahana Juno akan tinggal di planet Jupiter sampai bulan Oktober 2017.

Ragam Kejadian Di Angkasa Tahun 2016


Gerhana Matahari Cincin
Kejadian di angkasa ini akan terjadi pada tanggal 1 September 2016, gerhana cincin in terjadi ketika bumi, bulan dan matahari dalam satu garis lurus. Tetapi jarak antara bulan dan bumi adalah sangat jauh sehingga bulan hanya menutupi sinar matahari sebagian saja. Disaat itulah akan muncul fenomena yang dinamakan cincin sinar matahari. Dikatakan bahwa gerhana matahari cincin ini mempunyai jalur yang akan diawali dari lepas pantai timur Afrika Tengah lalu menuju Gabon, Kongo, Tanzania, Madagaskar, dan berhenti di Samudera Hindia.

Supermoon
Indahnya bulan akan tersaji dalam fenomena alam ini nanti, pada tanggal 14 November 2016 nanti kita bisa menyaksikan supermoon. Supermoon ini sendiri adalah suatu peristiwa ketika Bumi berada di tengah tengah Matahari dan juga Bulan. Hal ini mengakibatkan sinar Bulan akan terpancar sangat terang sampai di bumi. Supermoon pada tanggal 14 November ini akan menjadi Supermoon terbesar selama tahun 2016, karena dekatnya jarak Bulan dengan Bumi jadi Bulan akan terlihat lebih besar dari biasanya.

Diatas adalah beberapa kejadian di angkasa yang terangkum dalam Jadwal Peristiwa di Langit 2016, memang masih banyak peristiwa di langit yang terjadi setiap saat. Namun tidak semua kejadian tersebut bisa kita saksikan dengan mata telanjang. Jangan lupa untuk menyimak postingan terbaru kami lainnya yakni Ragam Legenda Saat Gerhana Datang dan jangan lupa juga untuk selalu berbagi melalui Facebook ataupun Twitter untuk "Jadwal Peristiwa di Langit 2016".
Advertisement
Previous
Next Post »
Thanks for your comment